Dalam
pembuatan suatu sistem, tentu diperlukan sebuah evaluasi sistem. Salah satu
teknik evaluasi yang mudah dilakukan yaitu evaluasi heuristik dari Nielsen.
Tekniknya dinamakan ‘heuristik’ karena yang dievaluasi adalah sistem secara
keseluruhan dan bukan fungsi-fungsi spesifik seperti pada guideline sistem. Ada 10 teknik secara keseluruhan dan disini akan dicoba bahas salah satu poinnya yaitu 'Recognition Rather Than Recall'
Dalam
poin heuristik ini, lebih ditekankan dalam membuat jelas terlihat objek, aksi, dan pilihan
yang dapat dilakukan. Pengguna
seharusnya tidak perlu mengingat informasi dari satu bagian dialog ke bagian
lainnya. Petunjuk penggunan sistem seharusnya jelas atau mudah diterima
kapanpun layak.
Berikut akan ditampilkan dua permasalahan yang ditemukan dalam situs populer, last.fm menurut poin 'Recognition Rather Than Recall'
Ringkasan Masalah
Tidak jelas field mana
yang optional dan mana yang harus
diisi.
Deskripsi Masalah
Nah
ketemu lagi nih. Saat pengisian pengubahan profil, muncul beberapa informasi
yang dapat kita ubah. Lalu saat akan submit
di bawahnya akan ada tulisan “*Denotes a required field” namun tidak ada
tanda bintang sama sekali pada halaman tersebut. Kalau memang tidak ada
informasi yang wajib diisi, mengapa harus dimasukkan nota tersebut?
untuk settings yang lain juga begitu
Rekomendasi Perbaikan
Agar tidak menimbulkan pertanyaan diantara pengguna,
sebaiknya dihapus saja nota tersebut karena tidak ada kegunaan memberikan
peringatan tersebut.
Severity Rating : 2
Bukanlah masalah yang serius tapi masih perlu diperbaiki
juga.
_____________________________________________________________________
Ringkasan Masalah
Masalah
navigasi beberapa halaman.
Deskripsi Masalah
Saat melakukan registrasi akun baru, pengguna harus mengisi
beberapa field form. Namun
Siapa sangka,
ternyata navigasinya membingungkan dan kadang tidak terlihat kekonsistenan
antara halaman yang dituju dan halaman sebelumnya. Coba dilihat screenshoot ini.
Setelah lebih ditelusuri lagi last.fm ini, saya mulai merasa
navigasi yang dimilikinya agak membingungkan. Dapat dilihat bahwa last.fm tidak
memiliki fitur navigasi bread crumb
yang sebenarnya sangat esensial untuk mengurangi waktu berpikir pengguna dalam
mengakses situs. Awalnya saya pikir ini tidak masalah karena kebanyakan menu-menu
last.fm bukanlah menu yang merujuk ke dalam dan ke dalam untuk menemukan apa
yang diinginkan.
Oh what a big mistake
Pada menu utama, terdapat pilihan Originals. Saat diklik, kita akan dibawa ke situs sub dari last.fm, originals.last.fm. bentuk header yang dimunculkan berubah. dari yang bentuknya sudah minimalistik jadi memenuhi keseluruhan window. Tidak hanya itum pada header terdapat menu baru, yaitu Community. Saat Community ini di klik maka kita akan dibawa ke situs last.fm kembali pada bagian community dengan bentuk header yang sama dengan last.fm dan tidak ada lagi pilihan community.
Mungkin ini hanyalah masalah minor tapi bisa jadi sangat membingungkan pengguna, apalagi bila pengguna berdedikasi tinggi akan situs ini (ehem nunjuk sendiri)
Rekomendasi Perbaikan
Alangkah baiknya bila diberikan sebuah bread crumb agar navigasi pengguna menjadi jelas sebab pilihan-pilihan yang ada pada menu header bukanlah satu-satunya menu yang dapat dibuka, banyak sekali menu lain diluar dari situ.
Severity Rating : 3
Sebaiknya ditambah fitur tersebut secepat mungkin agar dapat meningkatkan ease of access.
Sumber teori : http://nngroup.com
Sumber teori : http://nngroup.com
wah benar juga ya navigasinya berantakan, biasanya pakai "back" button jadinya agak sedikit repot
ReplyDelete